Breaking

Saturday, September 7, 2019

KEGIATAN GURU BELAJAR BERSAMA


"Manusia adalah makhluk pembelajar. Belajar dilakukan sepanjang hayat."

Kiranya dua kalimat tersebut menjadi pemantik semangat setiap orang untuk terus menuntut ilmu, guna meningkatkan kualitas diri bagi kepentingan pribadi maupun profesi. Seperti halnya yang dilakukan oleh guru-guru di SD Muhammadiyah PK Boyolali, untuk meningkatkan potensi dan kreativitas dalam mendampingi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), para guru mengikuti kegiatan Guru Belajar Bersama yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 07 September 2019.

Acara tersebut berlangsung dengan sangat meriah, semua guru sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Adapun materi pembelajarannya dikemas dalam tema bertajuk, "Cara Kreatif Bikin Anak Betah Belajar dan Ngaji Quran." Suasana semakin pecah dengan adanya berbagai macam game edukatif yang langsung dipraktikkan oleh para guru. Adapun jenis game edukatif yang telah dipraktikkan adalah Pesawat Al Quran, Jarum manusia, Bowling ajaib, Kereta Al Quran, Lempar karet, Pecah balon, dan lain sebagainya.


Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini, agar guru dapat lebih kreatif dalam melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar, baik indoor maupun outdoor. Belajar melalui game yang dikerjakan secara kelompok, selain menyenangkan, juga mengembangkan keterampilan sosial, interpersonal, tanggungjawab dan saling berbagi. Setiap anak harus mengikuti KBM dalam keadaan happy, jiwa yang happy akan membuat proses pembelajaran akan semakin bermakna, dan menjadikannya long term memory bagi peserta didik. Tingkat keefektifannya juga tinggi, karena anak melaksankan kegiatan belajar tanpa merasa bosan atau merasa terpaksa.

Foto kegiatan : 















Create by: Ust Carolina

No comments:

Post a Comment