Breaking

Friday, August 23, 2019

BERLATIH MANDIRI LEWAT OUTBOND


        SDMPK-BOYOLALI, Bermain adalah fitrah anak,  bermain sambil belajar dengan ceria adalah kegembiraan anak. Pun dengan melatih kemandirian tidak melulu dilakukan di dalam ruangan,  melatih kemandirian dapat dilakukan di luar ruangan, salah satunya melalui kegiatan outbond, seperti yang dilakukan oleh siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali yang melakukan kegiatan outbond pada Kamis,  22 Agustus 2019. Kegiatan tersebut diikuti oleh 111 siswa dan 5 guru pendamping.

Kegiatan dilaksanakan di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali mulai pukul 07.00 hingga pukul 11.30 WIB.  Kegiatan tadabur alam tersebut bertemakan, "outbond ceria,  mandiri,  islami."

Tanpa di dampingi oleh orangtua para siswa dengan semangat dan gembira bermain dan belajar secara mandiri. Beberapa games yang dimainkan oleh para siswa diantaranya adalah,  game benar salah, game simpai sahabat, tarik tambang, sebul ball cup,  berbagi pesan happy, pass the water, mengejar cita-cita, dan diakhiri dengan game katakan sayang.

Para siswa sangat bersemangat dalam game katakan sayang,  dimana mereka harus menyemprotkan air di dalam plastik kepada teman atau guru yang mereka sayangi, alhasil semua anak basah terkena air yang artinya semua anak saling menyayangi satu sama lain.



Hal yang menarik dari kegiatan outbond kali ini adalah,  para siswa diajak mengenal alam dan Penciptanya,  di sela-sela permainan ada reward bagi anak yang hafal beberapa surat dalam Al-quran. Jadi selama permainan para siswa tidak lupa untuk belajar Al-Quran. Reward berupa kalung bintang berwarna kuning emas. Seperti reward yang didapatkan oleh salah seorang siswa bernama Kenzie karena ia dapat menghafal surat An-naba 40 ayat, dan beberapa siswa lainnya.

Para siswa mengaku sangat senang, "Saya sangat senang ikut outbond, wah kelompok saya menang lomba tarik tambang,  saya jadi sayang sama semua teman-teman", kata Mecca salah satu peserta outbond.

Diharapkan kegiatan semacam ini dapat diadakan setiap tahunnya agar para siswa kelas 1 dapat terlatih mandiri dan tetap berkarakter islami.



Foto Kegiatan : 



























Create by:Ust carol & Team class 1

No comments:

Post a Comment