Breaking

Friday, August 16, 2019

PEMERIKSAAN KESEHATAN BERKALA BERSAMA PUSKESMAS BOYOLALI

          SDMPK-BOYOLALI, Kamis, 15 Agustus 2019 SD Muhammadiyah Program Khusus Boyolali, melaksanakan kegiatan penjaringan dan pemeriksaan berkala untuk siswa kelas I. Berkerjasama dengan Puskesmas Boyolali I, sebanyak 111 siswa kelas I telah di observasi oleh pihak Puskesmas. Penjaringan dan pemeriksaan berkala tersebut berkaitan dengan usaha peningkatan derajat kesehatan peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung terlaksananya proses KBM yang baik dan menghasilkan output yang optimal. Pihak Puskesmas Boyolali I juga menyampaikan bahwasanya tujuan dari kegiatan ini, salah satunya adalah untuk mendeteksi sejak dini masalah kesehatan peserta didik, sehingga ketika ditemukan masalah kesehatan pada diri peserta didik, bisa langsung segera ditindak lanjuti. Dari kegiatan penjaringan ini, dapat diketahui pula data-data mengenai informasi perkembangan kesehatan peserta didik. Data tersebut kemudian dijadikan bahan untuk pertimbangan dalam menyusun program pembinaan kesehatan di sekolah.

               Pelaksanaan penjaringan kesehatan dilakukan setiap 1 tahun sekali untuk siswa kelas I. Kegiatan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala ini dilaksanakan melalui wadah Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
Bersamaan dengan kegiatan penjaringan tersebut, pihak Puskesmas I Boyolali juga memberikan obat cacing untuk siswa kelas I-VI. Obat cacing tersebut diberikan secara gratis dan dilaksanakam satu tahun sekali. Pemberian obat cacing ini dilaksanakan dalam rangka mencegah eliminasi filariasis atau yang sering dikenal dengan penyakit kaki gajah. Penyakit kaki gajah ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh cacing dan banyak ditemukan di negara tropis.


Foto Kegiatan :










Create by: Ust Carol

No comments:

Post a Comment